Home Reviews Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

715
0
SHARE
Xiaomi Redmi Note 7

Pada pertengahan januari kemarin, Redmi meluncurkan smartphone terbaru mereka, yakni Redmi Note 7. Itu adalah seri pertama yang Redmi rilis pada tahun 2019 ini setelah resmi berpisah dan menjadi sub-merek dari Xiaomi. Dan hasilnya, Redmi Note 7 laris manis di pasaran. Dilansir dari channel Youtube TeknoLoGue, di Tiongkok sana, Redmi Note 7 ludes terjual sebanyak 100.000 unit pada penjualan perdana hanya dalam waktu 8 menit. Penjualan kedua, terjual sebanyak 100.000 unit hanya dalam hitungan menit juga.

Memang sudah banyak yang memprediksi bahwa Redmi Note 7 ini akan banyak diburu oleh para pecinta smartphone. Bagaimana tidak, dengan harga sekitar Rp2 jutaan saja, kita sudah bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi tinggi: performa kencang, kamera mantap, dan desain yang mewah. Sungguh ponsel pintar yang sangat memikat dari banyak aspek.

Meski begitu, jangan terburu-buru untuk segera memboyong Redmi Note 7 ini ke tangan Anda. Pasalnya, kabar yang beredar Redmi akan merilis versi Pro dari Redmi Note 7 ini. Versi Pro ini memiliki beberapa peningkatan dari versi biasa. Tentu saja, harga yang ditawarkan oleh Redmi Note 7 Pro akan lebih tinggi juga. Tapi dengan spesifikasi yang lebih di atas, tampaknya Redmi Note 7 Pro jauh lebih memikat untuk dimiliki. Lantas apakah yang membedakan kedua smartphone tersebut?

Sebetulnya Redmi Note 7 biasa dan Redmi Note 7 Pro terlihat sama persis dari segi tampilan. Keduanya sama-sama menggunakan layar selebar 6,3 inci dan resolusi 1080×2340 piksel dengan rasio 19,5:9. Desain poni setengah lingkaran menghias sebagai rumah untuk kamera depan. Dan tentu saja dipadukan dengan Corning Gorilla Glass 5 untuk memproteksi layar depan keduanya.

Setali tiga uang, tampilan belakang juga sama persis. Terdapat kamera ganda yang sedikit menonjol keluar, LED flash, dan sensor sidik jari. Dan yang istimewa, keduanya didesain dengan tampilan belakang berbahan kaca. Hal tersebut membuat Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro tampak seperti smartphone kelas premium.

Namun jika masuk ke bagian dapur pacu, kedua ponsel ini akan terlihat perbedaan yang menyolok. Redmi Note 7 mengunakan chipset Snapdragon 660 dengan teknologi manufaktur 14 nm sedangkan Redmi Note 7 Pro menggunakan chipset yang setingkat lebih di atas, yaitu Snapdragon 675 dengan teknologi manufaktur 11 nm. Hal ini membuat performa Redmi Note 7 Pro lebih baik. Dan dengan proses fabrikasi yang lebih kecil, membuat Redmi Note 7 Pro menjadi lebih hemat daya.

Dari sisi grafis juga berbeda. Redmi Note 7 dibekali dengan GPU Adreno 512 sedangkan Redmi Note 7 Pro dibekali GPU Adreno 612. Tentu saja hal ini membuat Redmi Note 7 Pro menawarkan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Perbedaan lainnya ada pada sektor kamera belakang. Redmi Note 7 Pro memiliki kamera belakang bersensor Sony IMX 586 dengan resolusi 48 MP. Sedangakan Redmi Note 7, memiliki resolusi yang sama hanya saja menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GM1.

Meski menggunakan resolusi 48 MP, Gadget In dalam videonya mengenai Redmi Note 7 mengatakan bahwa hasil kameranya tak mengalami peningkatan yang berarti dari seri Redmi sebelumnya. Biisa jadi hal ini akan berbeda di Redmi Note 7 Pro sebab seperti yang dilansir dari Suara.com (17/01/2019), Sony lebih terpercaya dalam menghasilkan sensor dan modul kamera berkualitas.

Beberapa perbedaan di atas memperlihatkan Redmi Note 7 versi Pro memang lebih unggul dari saudaranya, Redmi Note 7 versi biasa. Lantas berapa perbedaan harga keduanya? Untuk varian RAM/ROM terendah, Redmi Note 7 versi Pro dibanderol dengan harga 1.499 Yuan atau sekitar Rp3.1 juta. Sedangkan Redmi Note 7 versi biasa dibanderol dengan harga 1399 Yuan atau sekitar Rp2.8 juta rupiah untuk varian yang hampir sama dengan Redmi Note 7 Pro. Selisihnya tidak terlalu signifikan bukan? So, pertimbangkanlah baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli Redmi Note 7!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here